PETUNJUK TEKNIS APLIKASI ONLINE KIRIMAN POS INTERNASIONAL



Latar Belakang
Sumber Data
Memulai Aplikasi
Menu Utama
Entri Data Status Kiriman
Rincian Harian Kiriman Per Kantor
Rekapitulasi Harian Seluruh Kantor
Rekapitulasi Harian Per Kantor
Urutan Transaksi Penerimaan Kiriman Di Loket
Urutan Transaksi Penyerahan Kiriman
Cek Kiriman Terima dan Serah
Sebaran Kirim Per Hari
Sebaran Kirim Per Bulan
Lacak Kiriman
Laporan Pengguna SMS Untuk Lacak
Monitoring Pengguna
Registrasi Pengguna
Hapus Pengguna
Ubah Password
Logout


Latar Belakang

Aplikasi Online Kiriman Pos Internasional ini dibuat supaya petugas di UPT dapat melakukan entri status kiriman EMS tidak hanya harus melalui aplikasi EMSClient, tapi bisa juga melalui web, asalkan kantor yang bertalian sudah tersambung ke dalam jaringan virtual Intranet Pos Indonesia. Sesuai dengan perkembangannya, aplikasi ini kemudian dilengkapi lagi dengan fitur entri status selain kiriman EMS, yaitu kiriman Paketpos Luar Negeri (PP-LN) dan Tercatat Luar Negeri (R-LN). Di samping itu, terdapat penambahan beberapa fitur baru berupa laporan untuk melakukan monitoring terhadap entri status di UPT, agar petugas di UPT, Wilpos, dan Kantor Pusat secara bersama-sama dapat memantau sekaligus melakukan pengawasan secara online (langsung). Juknis ini disusun untuk memudahkan dalam menggunakan serta mengoptimalkan aplikasi online ini.

Kembali ke Atas

Sumber Data

Seluruh informasi (khususnya laporan rincian dan rekapitulasi) yang ditampilkan di aplikasi online ini diambil langsung dari Database EMS di Server Nasional. Data yang berada di database tersebut berasal dari UPT yang sudah melakukan entri status kiriman Pos Internasional dan mengirimkan datanya ke Server Nasional (termasuk dengan yang melakukan entri status melalui web atau aplikasi online ini). Dengan kata lain, output atau informasi yang dihasilkan melalui laporan di aplikasi ini benar-benar menggambarkan kondisi yang sebenarnya dari kinerja entri status kiriman luar negeri di setiap UPT, sekaligus menggambarkan kinerja Sistem Teknologi Informasi Kiriman Pos Internasional secara Nasional berdasarkan data yang masuk ke Server Nasional.

Kembali ke Atas

Memulai Aplikasi

Untuk memulai aplikasi ini, ikuti petunjuk berikut:

  1. Jalankan program browser Internet Explorer (IE) atau browser lainnya. Disarankan menggunakan Internet Explorer versi terbaru untuk tampilan yang lebih optimal, dan memudahkan Anda dalam mengikuti instrukti teknis yang terkait dengan browser IE tersebut.

  2. Di bagian Address dari browser, ketikkan: http://10.33.41.46/ems_online/ <-- atau bisa juga dengan langsung mengklik link URL ini.

  3. Tunggu beberapa saat, hingga muncul halaman seperti gambar di bawah ini:


  4. Lakukan login, dengan memasukkan data pada bagian berikut:

  5. Klik tombol Login atau tekan Enter di keyboard

  6. Tunggu beberapa saat, hingga muncul menu utama sesuai dengan otoritas yang telah diberikan.

Kembali ke Atas

Menu Utama

Setelah Anda berhasil login maka akan ditampilkan Menu Utama yang berisi link ke halaman yang dapat Anda akses sesuai dengan hak akses atau otoritas yang diberikan. Otoritas terbagi atas tiga bagian, yaitu UPT, Wilpos, dan Pusat. Perbedaan di antara ketiganya dapat dilihat pada gambar berikut:




Kembali ke Atas

Entri Data Status Kiriman (Otoritas: UPT dan Pusat)

Menu ini untuk mengentri data status kiriman yang dikirim ke luar negeri (outgoing), maupun kiriman yang diterima dari luar negeri (incoming).


Kembali ke Atas

Rincian Harian Kiriman Per Kantor (Otoritas: UPT, Wilpos, dan Pusat)

Menu ini untuk menampilkan rincian data yang telah dientri dan dikirim ke Server Nasional secara harian. Anda disarankan untuk mengakses menu ini jika kurang yakin atau ingin memastikan apakah data yang telah Anda entri dan kirim sudah masuk ke Server Nasional, sehingga jika data yang Anda maksud belum masuk ke Server Nasional (bisa karena salah entri, koneksi ke jaringan tidak bagus, dsb), maka Anda dapat sesegera mungkin melakukan entri dan atau kirim ulang data tersebut. Anda dapat memeriksa status terakhir dari setiap item data yang telah Anda kirim, sehingga dapat diketahui apakah data yang telah Anda kirim tersebut datanya sudah masuk ke server atau belum. Klik pada nomor kiriman yang bertalian pada daftar rincian kiriman tersebut untuk melacak status terakhir dari kiriman tadi.




Jika Anda ingin mencari apakah suatu EMS yang telah Anda entri dan kirim statusnya, datanya telah masuk ke Server Nasional atau belum, maka masukkan nomor EMS tersebut di bagian Barcode, lalu klik tombol Cari!. Jika data tersebut memang sudah masuk, maka akan tampak hasilnya seperti gambar di bawah ini, data yang dicari adalah dengan nomor kiriman EA715531097CN yang dientri dan dikirim oleh Kantor Pos Medan 20000:




Kembali ke Atas

Rekapitulasi Harian Seluruh Kantor (Otoritas: UPT, Wilpos, dan Pusat)

Menu ini untuk menampilkan rekapitulasi data status kiriman yang masuk ke Server Nasional secara harian dari seluruh kantor. Di laporan ini, Anda dapat mengetahui kantor-kantor mana saja yang sudah melakukan kirim data pada tanggal tertentu. Bahkan, data status yang diterima dari luar negeri melalui sarana EDI (Electronic Data Interchange) yang saat ini baru dilakukan di KTSH 19000 sekalipun dapat dipantau juga, sehingga dapat diketahui berapa pertambahan record yang masuk ke database Nasional selama satu hari (termasuk dengan data dari luar negeri).



Kembali ke Atas

Rekapitulasi Harian Per Kantor (Otoritas: UPT dan Wilpos)

Menu ini untuk menampilkan rekapitulasi data status yang masuk ke Server Nasional secara harian untuk kantor tertentu saja. Di laporan ini Anda dapat mengetahui jumlah data yang direkap berdasarkan status kiriman pada tanggal tertentu.



Kembali ke Atas

Urutan Transaksi Penerimaan Kiriman di Loket (Otoritas: UPT, Wilpos, dan Pusat)

Menu ini untuk menampilkan urutan atau rangking transaksi penerimaan kiriman di loket berdasarkan status "A" yang masuk ke Server Nasional. Oleh karena itu, perlu Anda ingat bahwa status "A" atau saat kiriman diterima di loket, datanya harus tetap dientri dan dikirim ke Server Nasional, supaya data dari kantor Anda dapat dibandingkan dengan kantor lain yang menerima kiriman pada hari yang sama.




Kembali ke Atas

Urutan Transaksi Penyerahan Kiriman (Otoritas: UPT, Wilpos, dan Pusat)

Menu ini untuk menampilkan urutan atau rangking transaksi penyerahan kiriman kepada si penerima berdasarkan status "I" yang masuk ke Server Nasional. Oleh karena itu, perlu Anda ingat bahwa status "I" atau setelah kiriman berhasil diserahkan ke si penerima, datanya harus tetap dientri dan dikirim ke Server Nasional, supaya data dari kantor Anda dapat dibandingkan dengan kantor lain yang menyerahkan kiriman pada hari yang sama.




Kembali ke Atas

Cek Kiriman Terima dan Serah (Otoritas: UPT, Wilpos, dan Pusat)

Menu ini untuk menampilkan dan memeriksa kiriman yang diterima dari kantor lain dan yang telah atau belum diserahkan kepada si penerima. Anda dapat mengetahui perbandingan antara kiriman yang diterima dan yang sudah atau belum diserahkan (termasuk data rincian nomor kiriman yang dipersoalkan tersebut), sehingga dapat segera melakukan tindakan seperlunya jika masih ada kiriman yang belum dientri dan dikirim statusnya ke Server Nasional. Hal ini bisa saja disebabkan karena status kiriman tersebut belum dientri padahal kiriman tersebut sudah diserahkan kepada si penerima. Atau bisa saja kiriman tersebut memang belum diserahkan kepada si penerima karena sedang dalam tahap proses pengantaran, alamat penerima tidak lengkap atau tidak dikenal, dan sebagainya.




Kembali ke Atas

Sebaran Kirim Per Hari (Otoritas: UPT, Wilpos, dan Pusat)

Menu ini untuk menampilkan sebaran kiriman incoming atau kiriman yang diterima dari luar negeri setiap hari dari satu kantor ke kantor lainnya. Bisa dari kantor tukar ke UPT yang bertindak sebagai Kantor Lalu Bea atau Antaran, maupun dari UPT Lalu Bea ke UPT antaran dari kiriman tersebut.




Kembali ke Atas

Sebaran Kirim Per Bulan (Otoritas: UPT, Wilpos, dan Pusat)

Menu ini untuk menampilkan sebaran kiriman incoming atau kiriman yang diterima dari luar negeri setiap bulan dari satu kantor ke kantor lainnya. Bisa dari kantor tukar ke UPT yang bertindak sebagai Kantor Lalu Bea atau Antaran, maupun dari UPT Lalu Bea ke UPT antaran dari kiriman tersebut.




Kembali ke Atas

Lacak Kiriman (Otoritas: UPT, Wilpos, dan Pusat)

Menu ini untuk melacak status terakhir dari suatu kiriman. Anda dapat mengetahui kantor-kantor mana saja yang telah mengirim data untuk suatu nomor kiriman tertentu.



Kembali ke Atas

Laporan Pengguna SMS Untuk Lacak (Otoritas: KTSH dan Pusat)

Menu ini untuk menampilkan informasi rincian nomor kiriman yang telah dilacak melalui SMS, baik per tanggal maupun setiap bulannya.



Kembali ke Atas

Laporan Pengiriman Data ke UPU (Otoritas: KTSH dan Pusat)

Menu ini untuk menampilkan rekapitulasi data status kiriman yang akan dikirim ke UPU melalui jaringan Post*Net oleh KTSH berdasarkan data yang berhasil didownload oleh KTSH dari Server Nasional.



Kembali ke Atas

Monitoring Pengguna (Otoritas: Pusat)

Menu ini untuk menampilkan data login dari setiap kantor yang dapat menggunakan aplikasi ini, baik ditampilkan per Wilpos, maupun seluruh pengguna sekaligus.



Kembali ke Atas

Registrasi Pengguna (Otoritas: Pusat)

Menu ini untuk meregistrasi data pengguna yang berhak menggunakan aplikasi ini.


Kembali ke Atas

Hapus Pengguna (Otoritas: Pusat)

Menu ini untuk menghapus data pengguna yang tidak berhak lagi menggunakan aplikasi ini.


Kembali ke Atas

Ubah Password (Otoritas: UPT, Wilpos, dan Pusat)

Menu ini untuk mengganti data password yang digunakan untuk login ke aplikasi ini.


Kembali ke Atas

Logout (Otoritas: UPT, Wilpos, dan Pusat)

Menu ini untuk keluar dari Menu Utama aplikasi ini dan kembali ke halaman Login.


Kembali ke Atas